Ide dan Tips Renovasi Rumah Type 36

Alasan terbesar orang ingin melakukan renovasi rumah type 36, adalah karena kebutuhan ruang yang meningkat, yang biasanya disebabkan Karena bertambahnya anggota keluarga. Rumah type 36, biasanya dipilih oleh para pasangan muda yang baru menikah. Selain untuk berhemat, rumah minimalis type 36 juga dirasa cukup untuk hidup berdua, sebelum memiliki anak. 

Tak salah memang, karena pada masa awal berkelurga biasanya banyak kebutuhan tak terduga yang perlu disiapkan. Sehingga memiliki rumah yang cukup untuk berdua, menjadi pilihan bijak.


Setelah ada anak di rumah terutama yang lebih dari satu, kebutuhan ruang pun juga bertambah. Belum lagi jika ada tamu atau keluarga yang menginap. Daripada membuat rumah baru yang lebih besar, maka melakukan renovasi rumah type 36 banyak dipilih.

Meski renovasi tidak selalu berarti memperluas atau menambah ruangan, tetapi sebagian besar bermaksud membuat rumah tampak lebih nyaman, dan lega, karena rumah type 36 cenderung sempit.

Renovasi rumah type 36 dua lantai


Untuk melakukan renovasi rumah jenis ini, sebaiknya anda konsultasikan dulu dengan tukang bangunan terpercaya. Hal ini karena tidak semua struktur rumah cocok untuk direnovasi menjadi dua lantai. Jika struktur pondasi maupun bangunan tak sanggup menampung beban lantai berikutnya, bisa-bisa umur bangunan justru tak lama.

Jika dari awal anda memikirkan untuk renovasi rumah type 36 menjadi dua lantai, maka baiknya menggunakan struktur khusus atau biasa disebut dengan konsep rumah tumbuh.

Melebarkan rumah

Jika tidak memungkinkan untuk meninggikan rumah, maka jalan lain adalah melebarkannya. Tentunya, dengan catatan masih ada lahan yang tersedia. Anda bisa menambah ruangan yang diperlukan dengan mengubah beberapa sisi sesuai dengan konsep baru yang diinginkan.

Permak ulang

Nah, jika hanya ingin merenovasi bentuk dan penampilan rumah, cenderung lebih mudah dilakukan karena tidak terlalu banyak merubah struktur bangunan asli. Anda hanya memerlukan konsep yang tepat, pewarnaan, penataan furniture, dan juga tata ruang yang baik agar renovasi rumah type 36 yang anda lakukan bisa membuat keluarga lebih betah dirumah.






Gambar diatas adalah beberapa contoh renovasi rumah type 36 baik yang berlantai dua, maupun sekedar konsep permak ulang yang bisa anda tiru.