Macam –Macam Biaya Renovasi Rumah dan Pertimbanganya

Untuk mengetahui biaya renovasi rumah, memang tidaklah mudah karena membutuhkan berbagai elemen dan selalu berbeda antara orang yang satu dengan yang lainya. Tetapi anda bisa simak beberapa tips agar biaya renovasi rumah yang anda siapkan bisa sesuai dengan keinginan renovasi.
Model Renovasi
Jenis renovasi yang akan dilakukan praktis sangat berpengaruh terhadap biaya renovasi nantinya. Secara garis besar, renovasi bisa dikategorikan sebagai sebagian, atau total. Renovasi sebagian, misalnya hanya mengubah kamar, menambah bagian rumah, mengubah tata ruang, melakukan pengecatan dan penataan interior.
Sedangkan renovasi rumah total meliputi perubahan desain rumah. Contohnya jika anda membeli sebuah rumah di perumahantype 36, dan ingin merombaknya secara total. Biaya yang dikeluarkan bisa melebihi pembangunan rumah dari awal. Karena ada pembongkaran terlebih dahulu.

Persiapan Dana
Mempersiapkan dana lebih untuk melakukan renovasi lebih, akan jauh lebih baik ketimbang pas dengan perhitungan. Dikarenakan biasanya ada biaya-biaya tak terduga yang anda butuhkan. Kecuali anda sudah berkonsultasi dengan pihak dibidangnya, dan sudah dibuatkan RAB dari total biaya renovasi rumah seperti yang anda inginkan.
Pertimbangkan Struktur atau Desain Bangunan
Mempertimbangkan struktur bangunan awal, bertujuan untuk melakukan penghematan dan efektifitas pekerjaan yang dilakukan. Tentunya jika dana yang disiapkan besar, dan anda memang ingin merombak total bangunan yang sekarang, hal ini tidak diperlukan lagi. Namun apa salahnya untuk mencoba melihat rumah anda lebih jeli lagi, agar renovasi yang dilakukan tetap sesuai dengan yang diinginkan, tetapi tidak begitu membutuhkan biaya besar.
Biaya Umum
Sebagai bahan persiapan, berikut ini kami sajikan perkiraan biaya untuk berbagai jenis pekerjaan yang biasanya dimasukan dalam biaya renovasi rumah.
Renovasi Total
·         Biaya renovasi total : 1,5 – 3 jt/m2 tergantung lokasi.
·         Total biaya : biaya per meter kali luas bangunan.
Renovasi Sebagian
·         Biaya ganti keramik : 50.000 – 150.000 / meter persegi
·         Biaya pengecatan ulang : 15.000 – 40.000 / meter persegi
·         Biaya penggantian rangka : 150.000 – 200.000 / meter persegi
·         Pemasangan batu bata : 50.000 – 75.000 / meter persegi
·         Pemasangan batu alam : 50.000 – 100.000 / meter persegi
Biaya renovasi rumah diatas bisa berbeda tiap daerah, semakin lokasi anda di kota biaya tersebut biasanya semakin mahal. Persiapan dana lebih tentu lebih baik, sehingga ada lebihan yang bisa anda simpan nanti.