Gambar Rumah Adat Betawi Yang Mengingatkan Kita Pada Si Pitung

Suku Betawi yang tepatnya berada di wilayah DKI Jakarta merupakan salah satu suku yang terkenal dengan orang – orangnya yang senang ngebanyol. Selain itu, terdapat juga peninggalan warisan dari leluhur lainnya seperti adanya ondel – ondel dan juga arsitektur rumah adat khas Betawi. Membicarakan tentang rumah adat Betawi, kami memiliki beberapa gambar rumah adat Betawi yang tidak menghilangkan unsur tradisional dari rumah adat tersebut. Salah satunya yaitu rumah yang konon ditinggali oleh Si Pitung, jawara dari Betawi.



Gambar rumah adat Betawi yang ada pada artikel ini merupakan beberapa sudut rumah dan ruangan dari rumah Si Pitung itu sendiri. Rumah yang kini menjadi cagar budaya dan warisan asli Betawi ini menjadi semakin sering dikunjungi, karena berbeda dengan rumah betawi seperti biasanya. Jika Anda waktu itu sering melihat Si Doel di televisi, tentu secara kasat mata bentuk rumah tersebut dengan rumah Si Pitung memiliki perbedaan yang mencolok. Ya, rumah Si Pitung dibuat seperti rumah panggung, mirip dengan rumah adat dari ranah Minang.



Dilihat dari luar, gambar rumah adat Si Pitung itu sendiri tidak memberikan kesan rumah yang besar, namun hanyalah sebuah rumah sederhana saja. Halaman rumah adat Betawi ini begitu luas, berbeda dengan keadaan perumahan sekarang yang hanya memiliki lahan – lahan yang kecil untuk sekedar berkebun ataupun membuat taman. Namun sayangnya lahan – lahan yang luas tersebut menjadi sempit karena sisanya sudah dibuat taman dan dikeramik oleh pemerintah setempat, ini dimaksudkan agar wisatawan bisa nyaman berkunjung ke rumah Si Pitung ini.



Rumah yang didominasi oleh warna merah pada bagian luarnya membuat rumah ini begitu cerah saat tersorot oleh matahari. Hampir seluruh bagian eksterior dari rumah adat Betawi ini diberi cat berwarna merah, termasuk tangga dan tiang – tiang penyangganya. Tetapi saat Anda masuk ke dalam rumah, suasana menjadi berbeda. Jika dari luar lebih dominan oleh warna merah, kali ini Anda melihat warna dominan dari kayu itu sendiri, warna kecoklatan.



Semua yang ada di dalam sini masih terawat dengan baik, termasuk dengan berbagai perabotan yang ada di dalamnya. Kursi yang terbuat dari kayu ini pun tidak terlihat rapuh, malah masih terlihat seperti baru. Di bagian langit – langit, Anda bisa menemukan lampu khas zaman dahulu yang begitu klasik. Penggunaan meja bundar di ruang tengah membuat ruangan ini terlihat begitu besar. Di ruangan ini juga terdapat sebuah patung di sudut ruangan. Terdapat juga berbagai perabotan yang terbuat dari tanah liat, seperti kendi untuk minum yang hingga kini masih bisa kita lihat di model rumah adat Betawi ini.

Rumah adat Betawi tempat tinggal Si Pitung ini bisa Anda kunjungi di Jalan Kampung Marunda Pulo, Jakarta Utara. Rumah yang hanya menggunakan bahan kayu ini bisa menjadi contoh yang menarik bagi Anda yang menginginkan rumah sejuk dan tahan gempa.