Beberapa Tipe Rumah Minimalis Yang Patut Diketahui

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kini model rumah minimalis banyak digandrungi oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Jika seseorang ditanya akan membangun rumah dengan model apa? Pasti kebanyakan dari mereka akan otomatis menjawab rumah minimalis. Namun, tingginya minat masyarakat terhadap model rumah minimalis tidak diiringi dengan pengetahuan mereka tentang tipe-tipe rumah minimalis



Sekedar informasi, mengetahui tipe rumah minimalis sangat penting bagi kita yang akan membeli atau membangun rumah karena dengan ini, maka kita akan tahu jenis bangunan seperti apa yang akan dijadikan sebagai tempat bernaung. Tipe rumah biasanya diklasifikasikan berdasarkan luas tanahnya. 

Tipe ini sudah berlaku di beberapa daerah di Indonesia meski pada kenyataannya ada beberapa agensi perumahan yang memberi nama atau tipe pada rumah mereka dengan nama buah, bunga, planet, dan sebagainya demi tujuan promosi yang menarik. Untuk memperdalam pengetahuan kita mengenai hal  itu, maka sekarang akan dibahas mengenai berbagai tipe rumah minimalis yang harus diketahui. Berikut penjabarannya:



Tipe rumah 21
Luas dari rumah ini adalah 21 m2 yang misalnya diterapkan pada rumah dengan ukuran 6mx3,5m. Biasanya rumah tipe ini memiliki 1 kamar tidur, 1 ruang tamu, serta 1 kamar mandi. Pembangunan tipe rumah ini juga sudah diatur dalam Keputusan MK pasal 22 ayat 3 dalam Undang-undang No.1 tahun 2011.

Tipe rumah 36
Luas dari tipe rumah ini adalah 36 m2 yang biasanya berbentuk persegi dengan ukuran 6mx6m  dan biasanya memiliki 2 ruangan kamar tidur, 1 ruang tamu, serta 1 kamar mandi.




Tipe rumah 45
Luas dari tipe ini adalah 45 m2 yang ukurannya biasa menggunakan 6mx7,5m atau 8mx5,6m. Ruangan-ruangan yang tercakup dalam tipe model rumah ini juga cukup banyak, diantaranya 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi, 1 dapur, dan 1 garasi atau teras rumah.
Tipe rumah 54, 60, 70, 90, dan 120

Penjelasan dari tipe rumah ini sama dengan beberapa tipe gambar rumah di atas yang dinamakan berdasarkan luas tanah. Hanya saja pada 5 tipe terakhir ini bagian ruangan di dalamnya didasarkan pada permintaan pembeli atau standar pembangunan dari agensi perumahan yang bersangkutan.