Memilih Desain Kamar Tidur Anak Terbaik

Memilihkan desain kamar tidur anak yang sesuai dan menyenangkan, tentu menjadi impian bagi semua orang tua.  Tetapi bagaiaman agar kamar tidur yang kita desain benar-benar sesuai dengan sang anak? 
Perlu kita ingat bahwa anak-anak, masih sangat polos dan mudah terbawa suasana yang sering dihadapinya. Ini berhubungan dengan sisi psikologis sang anak. Disini kita berbicara anak dibawah usia 10 tahun, yang masih sangat membutuhkan perhatian, bimbingan, dan campur tangan orang tua dalam kesehariannya.

Pertama, sesuaikan desain kamar tidur anak dengan jenis kelamin

Kita tentu pernah mengetahui ada seorang anak laki-laki yang bersikap seperti anak perempuan, atau sebaliknya. Hal itu tak lepas dari faktor lingkungan semenjak kekanakan. Terkadang, ada orang tua yang menginginkan anak perempuan, tetapi mendapat anak laki-laki. Sehingga memperlakukan anak laki-laki seperti perempuan, sehingga perlakuan itu melekat erat dalam benak si anak laki-laki dan menjadikannya seperti perempuan.
Untuk menghindari hal itu, selain dari faktor pembinaan, bisa kita mulai dari desain kamar tidur anak yang jelas berbeda. Untuk anak laki-laki, berikan kesan yang kuat, tantangan, imajaniatif, dan lain-lain. Sementara untuk desain kamar tidur anak perempuan, bisa kita gunakan warna ataupuan aksesoris yang mengesankan kelembutan, feminisme, dan juga halus.

Kedua, sesuaikan dengan umur

Jika masih terlalu kecil, jangan menggunakan desain kamar tidur yang terlalu dewasa. Sesuaikan saja dengan umur sang anak. Penggunaan perabot dan alat-alat juga perlu disesuaikan. Misalnya TV, komputer, atau peralatan lain perlu ditinjau kembali keberadaanya, apakah benar-benar diperlukan.

Ketiga, hobi

Sedari kecil, usahakan untuk mengenali hobi sang anak sehingga kita bisa membantunya tumbuh dalam suasana yang menyenangkan dan mampu meningkatkan daya kreatifitasnya. Beberapa pilihan desain kamar tidur anak juga bisa diaplikasikan dengan lebih mudah ketika kita mengetahui apa yang anak sukai. Misalnya mobil, robot, menggambar, bermain musik, atau hobi-hobi kecil yang bisa membantunya tumbuh dalam kondisi psikologis yang lebih baik.

Jadi, desain  kamar tidur anak bukanlah sekedar membuat kamar yang terlihat bagus untuk kita. Tetapi aman, nyaman, dan membantu perkembangan diri si anak.