Tips Merawat dan Menjaga Keindahan Karpet


Bukan hal yang aneh jika sekarang karpet sudah melekat pada seni menata rumah minimalis. Kini, karpet tidak hanya berfungsi sebagai tempat bersantai ria, namun juga sebagai bagian penting untuk mempercantik rumah anda. 

Namun, perlu anda ketahui bahwa karpet kesayangan anda bisa menjadi sarang penyakit dan merugikan anda. Lalu apa solusinya agar karpet cantik anda tetap sehat? Berikut tips merawat dan menjaga keindahan karpet yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan:

1. Bebaskan karpet anda dari debu.


Hal ini merupakan hal dasar yang sangat penting untuk menghindari pembentukan koloni bakteri pada karpet anda. Lagipula, debu sangatlah berbahaya bagi sistem pernafasan anda, bukan?
Langkah yang sangat sederhana namun cukup ampuh adalah dengan menggunakan vakum cleaner untuk membebaskan karpet anda dari debu. 

Jangan biarkan karpet anda terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang cukup lama, walaupun cara ini juga ampuh untuk membebaskan karpet dari bakteri, namun jika hal ini terus terjadi maka warna cantik karpet anda bisa memudar.

2. Cuci karpet anda secara berkala.

Inti dari tips merawat dan menjaga keindahan karpet ini adalah membebaskan karpet anda dari segala kemungkinan yang bisa menjadikan karpet anda sebagai sarang bakteri yang tentu saja akan sangat merugikan kesehatan anda. Anda bisa mencuci karpet anda minimal enam bulan sekali. Hal ini sangat penting sebagai tindak lanjut perawatan karpet anda. 

Anda bisa memanfaatkan jasa pencuci atau laundry yang dengan mudah dapat anda temukan. Namun, bila anda ingin mencuci karpet anda sendiri, maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan perhatikan.

Pertama, lakukanlah tes sederhana dengan menyabuni bagian kecil dari karpet anda. Tes ini berguna untuk mengetahui apakah karpet anda terbuat dari bahan yang luntur atau tidak. Tentu anda tidak mau karpet cantik anda menjadi luntur, bukan?

Kedua, sikatlah karpet searah dengan arah serat atau arah bulunya. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan karena jika anda menyikatnya berlawanan arah maka bulu karpet anda akan mudah rontok terbawa sikat.
Last but not the least, saat menjemur karpet pastikan bahwa karpet anda telah benar-benar kering. 

Karpet yang belum kering seutuhnya lebih beresiko menjadi tempat bersarangnya bakteri. Tempatkanlah karpet anda pada ruangan dengan sirkulasi yang baik. Jangan letakan di tempat yang lembab, atau karpet anda akan memiliki bau apek. Sebaliknya, jangan letakkan karpet di ruangan yang terlalu kering atau karpet anda akan menjadi lapuk dengan warna yang tak bisa betahan lama.


3.Selalu perbaharui letak karpet anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa karpet adalah bagian dari seni memperindah ruangan anda. Maka, jangan sia-siakan kecantikan karpet anda dengan meletakkan posisinya secara monoton. Lakukanlah perubahan secara berkala pada posisi karpet anda, dan anda akan melihat perubahan besar pada keindahan rumah anda hanya karena perubahan kecil pemindahan posisi karpet.

Itulah tips merawat dan menjaga keindahan karpet yang sangat sederhana dan berguna untuk menjaga karpet anda tetap cantik dan sehat. Karpet anda terawat tentu anda akan tetap sehat, bukan?