Memilih Desain Ruang Makan Terbaik

Salah satu bagian penting dari rumah bagian dalam adalah desain ruang makan. Tetapi karena sempitnya lahan yang tersedia, biasanya ruang makan pun agak diabaikan oleh para pemilik rumah, sehingga tidak memiliki ruang makan khusus untuk keluarga.

Untuk rumah yang cukup luas, mungkin tidak akan banyak masalah dengan menghadirkan desain ruang makan sesuai keinginan. Tetapi untuk ruang yang sempit, harus lebih bijak memilih desain ruang makan agar tetap sesuai dengan desain rumah keseluruhan, berfungsi dengan baik, dan juga tidak mengurangi keindahan estetikanya.

Untuk desain ruang makan di rumah yang sempit, bisa diatasi dengan menempatkan meja makan sebagai pembatas antara dapur dengan ruang keluarga. Dengan konsep seperti itu, ruangan akan terasa lebih lega, dan juga lebih fungsional. Jadi tidak perlu menggunakan tembok untuk membatasi setiap ruangan di dalam rumah.

Atau bisa juga menggunakan sisa ruang dapur, untuk dijadikan ruang makan. Tetapi pastikan bahwa tidak akan mengganggu kenyamanan dapur. Atur sedemikian rupa, agar dapur anda tetap bersih, mulai dari pembuangan air, pembuangan sampah, tempat mencuci, dan tempat meletakan barang-barang, agar tetap nyaman dijadikan sebagai ruang multifungsi, yakni sebagai ruang makan.

Desain seperti itu juga banyak digunakan untuk meminimalisir space yang digunakan karena keterbatasan lahan. Selain itu, juga memudahkan membawa makanan dari dapur.

Untuk konsep desain ruang makan, anda bisa memilih beberapa contoh berikut ini.



Ruang makan bergaya modern, dengan paduan warna cat  merah dan putih elegan.


Desain ruang makan berikutnya kombinasi gaya vintage atau jadul, pengunaan warna kayu yang terkesan tua dan luntur serta aksesoris perabotan model vintage, membuat kesan lebih terasa.


Berikutnya, adalah desain ruang makan bergaya industrial. Tidak memerlukan banyak space untuk beberapa kursi saja, yang kiranya cukup untuk anda sekeluarga.


Gaya moden diatas tetapi seperti terlihat terkontaminasi dengan sentuhan vintage. Dengan permainan warna cenderung gelap dan kontras dengan krem, tetap membuat suasana ruang makan terasa nyaman.


Kesan mewah akan segera terasa saat anda melihat desain ruang makan diatas. Menggunakan meja dengan warna kaca merah menyala, dipadukan kursi meja makan yang elegan. 


Konsep desain ruang makan diatas mengambil dari desain kontemporer. Disatukan dengan dapur bergaya bar, tetapi untuk kursi meja makan menggunakan warna warni ceria, yang sangat cocok jika terdapat anak-anak di rumah anda.

Selain desain ruang makan ini, kunjungi juga gambar rumah minimalis yang sudah banyak kami sajikan.