Tips dan Contoh Desain Kamar Mandi Kecil, Tetap Elegan dan Nyaman

Mendapatkan desain kamar mandi kecil yang cocok untuk rumah anda, tentunya akan memberi keuntungan untuk anda dalam menghemat space. Kamar mandi merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam sebuah rumah. Minimal terdapat satu kamar mandi yang bersih dan juga nyaman digunakan. Bahkan, sebaiknya terdapat lebih dari 1 kamar mandi. Yaitu kamar mandi pribadi, dan kamar mandi umum untuk tamu, demi terjaganya privasi dan juga faktor kesopanan.



Desain kamar mandi kecil juga tak seharusnya mengorbankan fungsi kamar mandi sebagai tempat untuk membersihkan diri. Tentu saja, kamar mandi yang baik harus selalu bersih, dan tidak mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat. 

Kebanyakan kita tidak bisa menggunakan kamar mandi dengan bijak, yaitu dengan mencampur kamar mandi dengan tempat pakaian kotor. Lama kelamaan kebersihan kamar mandi pun susah dijaga, sehingga menimbulkan kesan jorok. 

Agar desain kamar mandi kecil anda tetap nyaman, coba ikuti tips-tips berikut ini :

1. Jangan Taruh Pakaian Kotor

Seperti yang sudah kita singgung, menaruh pakaian kotor di kamar mandi bukanlah pilihan yang tepat jika ingin memiliki kamar mandi yang nyaman sepanjang waktu. Usahakan untuk memiliki ruang khusus mencuci meskipun kecil. Selain membuat kamar mandi tidak rapi dan mudah kotor, juga mengesankan jorok jika kita mencuci di kamar mandi.

2. Pilih warna dan desain yang simpel

Jika anda pernah menginap di hotel yang tidak terlalu mewah sekalipun, anda tentu mendapati sebuah kamar mandi dengan ukuran kecil tetapi terlihat elegan dan sangat nyaman. Pengaruh utama adalah dari desain dan warna yang digunakan. Biasanya digunakan warna netral seperti putih agar mengesankan ruangan terasa lebih luas. Selain itu, untuk aksen bisa digunakan warna kontras seperti merah, hitam, dan lainnya yang sesuai dengan perangkat yang digunakan di kamar mandi.

3. Gunakan closet duduk

Jika desain kamar mandi kecil anda juga merupakan sebuah toilet, maka sebaiknya gunakan closet duduk agar terkesan rapi. Selain itu juga menghindari rasa jijik karena bekas pembuangan kotoran bisa terlihat. Closet duduk memiliki keuntungan karena bisa ditutup, dan terlihat lebih rapi serta menyatu dengan desain ruangan kamar mandi.

4. Gunakan shower

Penggunaan shower juga bisa menghemat space karena tidak membutuhkan bak mandi yang besar. Konsep seperti ini sekarang banyak digunakan baik di perumahan maupun di hotel-hotel. Alasan utama tentu saja kepraktisan, kerapihan, dan juga penghematan space.

Bagaimana dengan desain kamar mandi kecil yang anda sukai? Jangan lupa juga untuk selalu update gambar rumah minimalis terbaru dengan cara bookmark website ini.