Panduan Memilih Model Teras Rumah yang Tepat

Teras rumah merupakan hal terpenting dalam sebuah bangunan rumah, karena teras adalah bagian transisi yang menghubungkan bagian eksterior dan interior rumah. Teras juga bagian rumah yang paling banyak dilihat orang terutama orang-orang yang lewat depan rumah anda, atau tamu yang datang ke rumah anda. Jadi penataan teras yang sesuai dan pemilihan jenis ubin dan motifnya tentunya akan mempercantik bangunan rumah anda. Di bawah ini terdapat beberapa contoh model teras rumah dari gambar rumah minimalis ataupun rumah modern yang bisa anda jadikan referensi untuk mendesain bagian rumah yang satu ini.

Model Teras Rumah

Teras yang baik adalah teras yang memadukan warna dan menyelaraskan dengan seluruh bagian rumah, jika teras anda luas anda bisa menambahkan kursi untuk anda gunakan sendiri atau untuk mempersilahkan tamu duduk sebelum mempersilahkannya masuk. Tentunya anda bisa jadikan teras rumah sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan kerabat yang mengunjungi rumah anda sambil melihat ke kebun rumah anda. Jadi teras berfungsi sebagai ruangan yang memperindah rumah namun dapat digunakan sebagai tempat relaksasi penghuni rumahnya. Tentunya anda menginginkan teras yang nyaman dan asri yang  diharapkan oleh sebagian besar orang.


Model teras rumah dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian teras depan dan bagian teras belakang, bagian depan biasanya berhubungan langsung dengan ruang tamu dan ruang utama dan teras belakang biasanya digunakan sebagai fungsi bersantai.

Contoh gambar rumah dengan model teras rumah bagian depan. Anda bisa menggunakan kursi jika dirasa lahan yang ada cukup luas, namun anda juga bisa tidak menambahkan kursi. Yang harus diperhatikan jangan sampai lantai penuh dan sesak karena furniture karena menyebabkan anda dan penghuni lain merasa tidak leluasa dan kurang nyaman di pandang.

Selain itu teras yang cocok untuk belakang rumah, berikut gambar teras rumah yang bisa jadi gambaran tergantung selera anda nantinya.




Teras juga memiliki lantai dari susunan ubin yang anda pilih. Bahan dasarnya bisa menggunakan kayu, keramik, atau batu-batu alam dengan tekstur tertentu. Tekstur kasar dibutuhkan untuk mencegah slip atau terpeleset saat teras basah oleh hujan. Untuk membangun teras di lahan sempit, harus disesuaikan dengan kebutuhan ruangan untuk sirkulasi terhadap bangunan dan juga harus memperhatikan sisa area yang akan dibuat, sehingga jangan sampai teras terasa sempit dan sesak sehingga tidak enak dilihat.

Penambahan furniture yang sederhana, seperti kursi dan meja dengan ornamen tanaman hijau akan menambah kesan asri teras anda. Dalam pemilihan ornamen, juga harus disesuaikan dengan gaya dan konsep bangunan, seperti bangunan dengan gaya minimalis, klasik atau modern.

Demikian penjelasan mengenai model teras rumah semoga yang kami sampaikan bisa membantu anda menemukan pilihan yang sesuai dengan keinginan anda.