Tips Desain Dapur Minimalis

Dapur adalah tempat utama untuk menyajikan makanan. Selama ini hanya itulah fungsi dapur yang kita ketahui. Namun, lain halnya dengan dapur yang ada di sebuah rumah bergaya minimalis. Dapur merupakan bagian yag harus ditonjolkan dan juga mendapat sentuhan seni seperti ruangan lainnya.

Namun, masalah yang kerap dihadapi para pemilik rumah minimalis ketika mereka akan mendesain dapurnya adalah ketersediaan lahan yang sangat sedikit. Seperti yang kita ketahui, rumah minimalis adalah rumah yang sangat sederhana. Lalu bagaimanakah tips desain dapur minimalis yang dapat mewujudkan dapur cantik impian anda?

Pertama, sortirlah barang-barang yang memang sangat dibutuhkan sehingga penempatannya harus berada di dapur. Contohnya rice cooker. Pikirkanlah kembali letak penempatan rice cooker. Jika rice cooker dirasa lebih baik untuk ditempatkan di meja makan, maka letakanlah rice cooker anda di meja makan. Penempatan yang tepat akan memberi dapur anda ruang lebih.

Kedua, pencahayaan yang tepat. Pencahayaan baik dari sumber sinar matahari ataupun lampu, sangat membantu penglihatan para ibu rumah tangga ketika mereka berada di dapur. Sebaiknya, maksimalkanlah cahaya matahari dibanding dengan penggunaan lampu. Cahaya matahari juga berfungsi untuk membunuh bibit penyakit yang biasa bersarang di dapur minimalis yang lembap. Selain itu, kita punn bisa menghemat penggunaan listrik, bukan?


Tahap ketiga dari tips desain dapur minimalis ini adalah pembuatan sirkulasi udara yang memadai. Tentu hal yang menjengkelkan ketika anda sedang memasak di dapur dan dipenuhi oleh asap masakan yang anda masak sendiri. Hal itu tentu merugikan kesehatan anda. Lagipula, dapur yang terbiasa menerima asap yang berlebih dalam jangka waktu lama akan menjadi kusam. Membuat jendela yang besar di dapur adalah tindakan yang sangat berguna untuk mengurangi kadar asap yang dihasilkan oleh proses memasak yang anda lakukan.




Selanjutnya adalah pemanfaatan sudut ruangan semaksimal mungkin. Anda harus pintar untuk memanfaatkan sudut ruangan yang ada di dapur anda. Ketika anda melihat sudut ruangan kosong yag cukup luas maka anda bisa memanfaatkannya dengan menempatkan kulkas pada sudut ruangan tersebut. Sesuai dengan prinsip desain minimalis yang meminimalisir sekat ruangan, anda pun bisa membuat dapur dan ruang makan anda menjadi satu ruangan. Hal ini merupakan contoh dari pemanfaatan sudut ruangan yang sangat baik.

Yang terakhir, pilihlah furniture yang tepat yang akan anda letakan di dapur anda. Anda bisa menggunakan rak piring berkaca transparan untuk memamerkan koleksi perabotan anda. Dapur anda akan semakin cantik dan siapapun yang mengunjungi dapur anda akan mengetahui seberapa artistiknya kah anda.

Itulah tips desain dapur minimalis yang dapat anda lakukan untuk membuat dapur anda menjadi lebih minimalis dan manis. Sederhana memang, namun perubahan yang besar akan anda dapatkan sebagai hasilnya. Selamat mencoba!