Fasad Rumah Minimalis Modern

Fasad rumah minimalis modern, secara tidak langsung turut menginterpretasikan bagaimana sebuah rumah dikesankan terhadap orang yang melihatnya. Fasad rumah adalah salah satu bagian penting yang tak boleh luput dari perhatian ketika kita membangun sebuah rumah, apalagi di rumah minimalis yang menonjolkan kesan-kesan rapi, elegan, ataupun modern.

Fasad adalah perwajahan atau bentuk bangunan dari sudut pandang jalan misalnya. Analagionya seperti wajah manusia. Ketika wajah terlihat bersih berseri dan rapi entah putih, sawo amtang, atau bahkan hitam sekalipun, tentu orang lebih tertarik. Seperti fasad rumah, selain untuk estetika, memiliki fasad rumah minimalis modern juga menjadi sebuah prestise tersendiri. Bukan itu saja, fasad rumah juga bisa menjadi identitas, sebagai pembeda dari bangunan lain di sekitarnya.

Mudahnya, fasad adalah komposisi yang terbentuk dari berbagai elemen seperti dinding, lantai, struktur bangunan, atap, material, pencahayaan, maupun tanaman. Semua elemen tersebutlah yang membentuk fasad setiap rumah, sehingga untuk membentuk komposisi yang indah memerlukan sisi seni sekaligus pengetahuan agar “muka” rumah terliha pas, serasi, dan indah dipandang.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam penentuan fasad rumah, bukan hanya fasad rumah minimalis modern yang sedang kita bicarakan. Selain elemen yang sudah kami sebutkan diatas, elemen lain yang tak kalah penting adalah cahaya, dan juga perawatan. Tentu saja, tujuanya agar keindahan fasad rumah bisa tetap terjaga dengan mudah. Seperti pembersihan bagian-bagian tertentu, pengunaan cat dinding yang tidak mudah pudar, juga menjadi perhatian untuk menentukan fasad sebuah rumah.



Contoh penampakan fasad rumah minimalis modern di malam hari. Pernahkah anda melihat sebuah rumah yang terlihat sangat menarik di siang hari, namun tak lagi terlihat indah saat malam mulai menjelang? Disitulah fungsi utama penataan lighting atau pencahayaan, agar fasad rumah tetap terlihat menarik baik siang maupun malam hari. Justru beberapa bangunan akan terlihat lebih indah saat malam hari datang.



Contoh desain fasad rumah minimalis diatas menunjukan, bahwa fasad rumah menjadi sebuah identitas dan pembeda dari rumah-rumah di sekitarnya. Sehingga, pemilihan fasad memang tergantung selera penghuninya.

Dibawah ini kita hadirkan beberapa fasad rumah minimalis modern yang memiliki ciri dan daya tarik masing-masing.