Desain Halaman Rumah Minimalis

Tampilan rumah yang apik bukan hanya dari penggunaan warna yang tepat, namun desain halaman rumah minimalis juga memiliki peranan untuk menciptakan image tersebut. Jika desain interior rumah hanya bisa dilihat orang-orang dekat yang bisa memasuki rumah kita, berbeda dengan halaman rumah yang bisa dilihat semua orang tanpa harus masuk. Halaman yang tertata rapi dan terkonsep dengan baik tentu sedikit banyak bisa mencerminkan bagaimana pemilik rumah.

Untuk memiliki desain halaman rumah minimalis, kita asumsikan bahwa tanah yang anda miliki cukup luas. Sehingga bangunan utama bisa menjorok agak kedalam, hingga menyisakan space yang akan digunakan sebagai area halaman rumah. Sebetulnya, dalam perkembangan pembangunan sebuah rumah di era modern ini, halaman rumah memang tidak begitu dipentingkan karena cenderung memboroskan area. Solusinya adalah dengan adanya taman kecil berukuran 2-4 meter, yang sebagian areanya juga bisa digunakan sebagai carport.

Namun, jika anda memiliki tanah yang cukup luas dan bangunan utama juga sudah mencukupi, maka memperhatikan desain halaman rumah minimalis bisa dikatakan wajib. Seperti yang sudah disinggung diatas, halaman turut mempengaruhi image rumah secara keseluruhan, dan bisa menginterpretasikan kepribadian pemiliknya.

Tips Desain Halaman Rumah Minimalis


Taman

Meskipun tidak wajib, namun kehadiran taman di sebuah halaman sekarang ini seperti sebuah keharusan. Selain menjadi penyejuk, taman juga menambah harmonisasi dengan warna natural. Anda bisa melihat beberapa gaya halaman rumah minimalis yang terdapat pada halaman ini.

Lantai

Lantai untuk luar rumah, tentu saja berbeda untuk interior. Anda bisa menggunakan paving, atau cor untuk membuat halaman tampak rapi. Jika ingin sebagian tetap bertekstur tanah, perhatikan bentuk pada beberapa gambar rumah di artikel ini. Konsep Minimalis identik dengan bentuk kotak, dan garis yang tegas.

Kolam

Tidak hanya untuk di dalam rumah, kolam ikan minimalis juga bisa digunakan untuk halaman rumah. Gunakan bebatuan yang memiliki penampilan alami untuk membuat kolam, agar semakin menyatu dengan taman rumah.

Tips mudahnya, jika anda tidak ingin repot-repot dan hanya menginginkan halaman rumah berkonsep minimalis, utamakan pembentukan garis yang tegas pada halaman anda. Selain itu juga perhatikan kerapihan, agar tidak terlalu banyak unsur yang mengganggu penampilan. Dari permainan bentuk dan warna saja, anda sudah bisa mendapatkan penampilan halaman rumah minimalis.

Lihat beberapa contoh gambar rumah minimalis beserta halaman depan yang kami sajikan berikut ini :