4 Hal Penting Dalam Renovasi Rumah

Melakukan renovasi rumah terkadang bisa lebih membingungkan daripada membuatnya dari awal. Ketika kita ingin melakukan renovasi atau makeover, tentu saja kita ingin memaksimalkan apa saja yang sudah ada pada rumah kita agar tidak begitu besar mengeluarkan dana untuk renovasi.

Mungkin saja, anda tertarik untuk melakukan renovasi rumah setelah melihat berbagai gambar rumah minimalis yang menarik minat anda. Tapi jangan terburu-buru, perhatikan beberapa faktor berikut ini :

Desain Rumah Sekarang

Desain rumah yang ada saat ini, wajib menjadi pertimbangan. Kecuali jika anda memang ingin membangun semuanya dari nol. Tapi tentu saja hal itu tidaklah bijak, apalagi jika bangunan yang anda memiliki masih cukup kuat dan belum memiliki umur lebih dari 50 tahun. Agar tidak membuang dana terlalu besar, sebaiknya anda perhatikan desain rumah awal anda, dan bagian apa saja yang ingin dirubah.

Konsep perubahan (Desain Renovasi Rumah)






Carilah referensi, atau gambar rumah yang memiliki kecocokan dengan desain awal anda. Baik dari segi ukuran, denah, maupun luas tanah. Jika anda berada di perumahan, tidak sulit menemukan berbagai macam desain rumah minimalis berbagai type. Hal itu akan memudahkan anda untuk melakukan perhitungan budget, dan juga membantu tetap fokus kepada desain renovasi yang diinginkan.

Furniture

Untuk melakukan transisi dari desain rumah tradisional ke rumah minimalis misalnya, seringkali terjadi bentrokan mengenai furniture atau perabotan yang sudah ada. Mungkin, dulu ketika anda membelinya tidak begitu memperhatikan faktor keharmonisan perabot dengan desain ruangan. Ketika ingin mengubah konsep rumah dan melakukan renovasi rumah, tentunya semua unsur di dalam rumah juga harus diperhatikan seperti perabot dan kesesuaiannya dengan ruangan yang akan kita rubah. Itulah gunanya memiliki konsep perubahan yang jelas.

Budget

Pendanaan, adalah hal yang tak kalah penting untuk selalu diperhatikan. Jangan sampai, renovasi rumah anda mandeg di jalan gara-gara over budget. Untuk meminimalisir, anda mungkin membutuhkan jasa desain renovasi rumah, karena meskipun tersedia banyak resource untuk makeover, namun jika banyak bagian yang ingin anda renovasi, cukup sulit menentukan desian dan karakter yang pas. Selain itu, renovasi rumah yang satu dengan yang lain juga seringkali berbeda, terkait dengan perbedaan desain awal, luas tanah, dll. Keuntungan lain menggunakan jasa renovasi, adalah anda bisa mengetahui berapa dana yang harus anda keluarkan secara total.

Sudah siap melakukan renvasi? Jika ingin melakukan renovasi rumah kecil-kecilan untuk bagian-bagian tertentu, anda bisa melihat desain-desain yang sudah kami hadirkan di artikel lainnya.