Kolam Ikan Minimalis, Bagaimana Tips Membuatnya?

Memiliki kolam ikan minimalis di rumah bisa jadi kepuasan tersendiri bagi pemilik rumah. Selain sebagai unsur tambahan untuk mempercantik desain rumah minimalis anda, kolam ikan juga bisa memberikan nuansa tenang, dan natural di rumah anda. Kolam ikan bisa menjadi pelengkap taman di depan rumah, samping, maupun belakang rumah. Tergantung kebutuhan dan selera anda.

Tips Membuat Kolam Ikan Minimalis

  • Desain kolam ikan minimalis. Anda bisa memilih beragam desain kolam ikan yang sesuai dengan desain rumah minimalis anda. Agar terlihat ada keserasian dengan desain rumah baik eksterior maupun interior. Jika rumah anda mengusung konsep minimalis, kolam ikan persegi bisa menjadi pilihan, karena menguatkan kesan minimalis yang sudah terdapat pada rumah. Seperti contoh pada kolam ikan minimalis berikut ini :
  • Ukuran. Tidak ada ukuran pasti, berapa kolam ikan minimalis yang ideal untuk rumah anda. Yang terpenting, sesuaikan dengan space yang tersedia di rumah, sesuaikan juga lokasi yang akan digunakan untuk membuat kolam ikan. Apakah di taman depan, samping, atau halaman belakang. Untuk lokasi didepan, ukuran 1 x 2 meter, atau 1,5 x 1,5 meter mungkin cukup. Untuk di samping, bisa memakai konsep kolam yang memanjang, misalnya 1 x 7 meter atau tergantung area yang tersedia. Atau, jika area yang tersedia tidak terlalu luas, coba lihat contoh kolam minimalis dari ideaonline.co.id berikut ini :
  • Material. Untuk material, gunakan batu alam berjenis batu hijau, atau batu andesit yang berwarna gelap. Utamakan warna gelap, kemudian sesuaikan dengan kontras di sekitarnya. Misalnya dinding dan juga tanaman yang berada di sekitar area kolam.Warna gelap serta penggunaan batu alam akan mempercantik penampilan kolam ikan anda. Contohnya bisa dilihat pada gambar berikut :

Atau dalam ukuran kecil, seperti pada gambar berikut :


  • Perawatan. Point selanjutnya adalah perawatan kolam ikan minimalis. Perhatikan pengaturan sirkulasi air, serta pembersihan yang dilakukan secara berkala. Pada konsep kolam ikan minimalis, pembersihan biasanya cukup mudah dilakukan, karena tidak terdapat banyak ukiran-ukiran yang memungkinkan kotoran terselip.
Siap membuat kolam ikan minimalis untuk mempercantik rumah anda?