Desain Rumah Minimalis Type 36 Terbaru

Mengusung desain rumah minimalis type 36 merupakan pilihan yang sedang banyak digandrungi saat ini. Terutama oleh keluarga muda yang hanya terdiri 2-4 anggota keluarga. Luasnya tidak terlalu besar memang, namun jika desain rumah nya cocok, desain interior rumah nya juga menarik, maka rumah yang mungil pun akan tetap menjadi "rumahku, surgaku". 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada desain rumah minimalis type 36 adalah pengaturan space atau area masing-masing ruangan. Dengan luas hanya 36 meter, praktis kita hanya bisa mendapatkan luas masing-masing ruangan yang cukup sempit. Oleh karena itu, anda harus bijak memilih ruangan yang memang diperlukan untuk rumah anda. Biasanya, dalam sebuah desain rumah minimalis type 36, akan terdapat 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, dan 1 dapur. Tak jauh berbeda dengan rumah minimalis type 45 yang biasanya juga masih memiliki spesifikasi seperti ini. 

Pikirkan juga rencana ke depan. Apakah seiring bertambahnya anggota keluarga, anda akan membeli rumah baru? atau merenovasi rumah type 36 yang sudah ada? Jika memilih untuk merenovasi, anda bisa memilih sebuah desain rumah minimalis type 36 dengan konsep rumah tumbuh. Artinya rumah tersebut dimungkinkan untuk dijadikan rumah minimalis 2 lantai.


Misalnya seperti pada gambar rumah minimalis diatas, mengusung konsep rumah tumbuh. Anda juga bisa menggunakan konsep tersebut. Manfaatnya adalah, jika suatu saat anda meninggikan rumah, anda tidak perlu khawatir dengan kekuatan pondasi serta ketahanan bangunan, karena sejak awal sudah di desain untuk rumah 2 lantai. 
Nantinya bisa jadi mengusung desain rumah minimalis type 36 seperti diatas, namun juga perlu diperhatikan luas tanah yang tersedia.

Sedangkan untuk desain rumah minimalis type 36 yang biasanya diusung developer perumahan, biasanya sudah mengakomodasi keperluan standar sebuah rumah seperti carport dan taman depan. Seperti gambar berikut :


Tips agar desain rumah minimalis type 36 tidak terkesan sempit, gunakan tembok hanya untuk ruang yang betul-betul privasi seperti kamar, dan kamar mandi. Sedangkan ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan, bisa saja dijadikan satu, dipisah menggunakan divider. Tentu dengan pengaturan desain interior yang tepat pula.