Definisi Singkat Tentang Rumah Minimalis

Definisi Rumah Minimalis - Banyak orang berbicara tentang rumah minimalis. tetapi tidak mengetahui definisi rumah minimalis. Ada beberapa pengertian atau definisi rumah minimalis. Diantaranya adalah, gaya arsitektur minimalis adalah gaya arsitektur yang menampilkan elemen seperlunya saja, sesederhana mungkin namun terkesan elegan. Kata desain rumah minimalis semakin sering terdengar khususnya bagi para pemerhati desain bangunan, lebih-lebih untuk desain rumah tinggal.


Definisi Arti Rumah Minimalis
Contoh Rumah Minimalis 2 lantai

Dari pengertian tersebut, adapun ciri rumah minimalis adalah sebagai berikut:


1. Exterior rumah minimalis mempunyai ciri-ciri:
  • Mempunyai bentuk dan garis geometris yg tegas. Biasanya didominasi dengan perulangan garis vertikal/horizontal.
  • Bukaan yang lebar , jendela yang lebar memberikan pandangan ke luar lebih leluasa.
  • Penataan landscape juga minimalis, penggunaan tanaman besar hanya sebagai vocal point saja.
  • Atap datar atau nyaris datar.
Desain Interior Rumah Minimalis
Interior Rumah Minimalis

2. Interior rumah minimalis mempunyai ciri-ciri:
  • Ruang2 lebih terbuka/ meminimalkan penyekatan dinding.
  • Ornamen2 interior seperti penggunaan cornice , ornamen2 ukiran tidak diterapkan.
  • Furniture lebih simple, tegas, polos (tidak berukiran).Untuk menghindari kesan monoton, biasanya menggunakan permainan cahaya (buatan/alami) untuk mendapatkan efek dramatis, permainan warna(2-3 warna) juga diterapkan di model minimalis.
Desain Exterior Rumah Minimalis
Exterior Rumah Minimalis

Desain minimalis muncul karena kebosanan akan karya arsitektur yang rumit secara ornamen dan susunan ruang, tetapi tidak efektif dalam penggunaannya. Hal itu juga mengindikasikan bahwa definisi dari desain rumah minimalis tersebut. 


Dimaksudkan, bahwa desain bangunan sesimpel dan sesederhana mungkin tetapi efektif. Namun Belakangan ini muncul trend rumah minimalis di Indonesia yang melenceng dari konsep rumah minimalis itu sendiri.

Dimana kebanyakan masyarakat hanya memaknai minimalis sebagai fasad rumah yang simpel, terdiri dari bidang-bidang datar, tetapi tidak sampai ke susunan ruangnya. 

Hal itu terbukti, walaupun minimalis, toh ruang-ruang terkadang dibuat besar sekali, padahal manusia yang menghuninya pun jarang dirumah. dan jelas itu telah melenceng dari konsep rumah minimalis, karena banyak ruang yang tidak terpakai dan kesannya menjadi tidak efektif.

Demikian sedikit tentang Definisi Rumah Minimalis. semoga dapat menjadi bahan bacaan anda dan bermanfaat.